Kamis, 16 Agustus 2012

Pengertian PINTU

Mengenal Pintu
Siapa yang tidak kenal pintu. Salah satu elemen rumah, gedung, kantor,supermarket, toko, hingga poskamling ini selalu “menghiasi” dan melengkapi suatu bangunan dari depan, samping, hingga belakang. Dahulu, pintu dibuat hanya sebagai perantara atau penghubung antara lingkungan Iuar dengan dalam rumah. Akan tetapi, saat ini pintu sudah merupakan simbol status sosial. Dengan kemajuan teknologi, beragam pintu sudah banyak dijumpai, baik dari segi desain, warna, corak, bahan, dan sebagainya. Sebelum mengenal berbagai jenis desain pintu, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui hal-hal di seputar pintu.
Pengertian Pintu
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian pintu adalah tempat untuk masuk dan keluar. Ini berarti bahwa pintu adalah suatu benda penghubung untuk melakukan aktivitas memasuki sesuatu atau keluar dari sesuatu tempat. Jika dikaitkan dengan rumah tinggal maka pengertian pintu adalah tempat untuk keluar-masuk pada tempat tinggal manusia.
Fungsi Pintu
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pengertian pintu adalah tempat untuk masuk dan keluar dari suatu tempat atau bangunan maka fungsi dan keberadaannya sangat diperlukan sebagai media penghubung (antara). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa fungsi pintu pada dasarnya adalah sebagai penghubung antar-ruang yang saling terpisahkan secara permanen.
Selain fungsi di atas, pintu juga berfungsi sebagai penjaga privasi serta keamanan sebuah rumah. Pintu kamar misalnya, berguna untuk menjaga privasi dan keamanan penghuni kamar tersebut.
Jenis Pintu Berdasarkan Fungsi Ruang
1. Pintu Gerbang

Pintu gerbang adalah pintu yang terletak di posisi paling depan dari sebuah bangunan. Pintu ini berfungsi sebagai penghubung antara bangunan dengan jalan. Pintu ini digunakan untuk jalan keluar masuk kendaraan dan manusia. Untuk pintu gerbang ini, keamanan sangat diperlukan. Untuk itu desain pintu gerbang ini harus bisa memberikan keamanan bangunan anda dari orang lain yang akan masuk tanpa ijin pemilik.

2. Pintu Utama

Pintu Utama adalah pintu yang digunakan sebagai penghubung antara teras depan dengan ruang tamu. Pada pintu utama ini bisa didesain sebagus mungkin, karena pada pintu inilah orang lain akan masuk ke rumah anda.

3. Pintu Kamar

Pintu Kamar adalah pintu yang digunakan sebagai penghubung antara kamar dengan ruang-ruang yang lain. Kebanyakan, pada pintu utama menggunakan satu daun pintu saja.

4. Pintu Kamar Mandi

Pada Pintu kamar mandi haruslah memilih pintu yang tahan air. Pintu kamar mandi umumnya terbuat dari PVC atau dari panel kayu yang dilapisi aluminium Oct bagian dalamnya.

5. Pintu Belakang

Pintu Belakang adalah pintu yang berfungsi sebagai media penghubung aktivitas keluar-masuk rumah melalui halaman belakang. Persyaratan pintu samping atau pintu belakang terutama menyangkut aspek kekokohan dan keamanan ini dikarenakan lokasinya yang menghubungkan jalan di Iuar rumah dengan halaman belakang atau samping rumah. Pertimbangan aspek kekokohan dan aspek keamanan inilah yang paling utama dari sebuah persyaratan pintu samping atau pintu belakang.

6. Pintu Garasi
Pada pintu gerbang biasa menggunakan jenis pintu lipat. Karena ruang garasi memerlukan pintu yang lebar, maka dari itu untuk menghemat tempat, pintu lipat sangat bagus digunakan sebagai pintu garasi.

Dalam pemasangan pintu didalam bangunan harus memadai sesuai fungsi, kekokohan, penggunaan bahan material yang cocok untuk pintu pada masing-masing ruang, dan desain yang indah, sesuai, dan selaras dengan desain bangunan atau ruang tempat pintu tersebut dipergunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar